Selasa, 06 Agustus 2013

Siapa Istri-istri dan Gundik-gundik Nabi Muhammad?



Daftar ini diambil dari buku tulisan Tabari (vol. ix, pp.120-141). Daftar ini disusun dalam kronologi/urutan yang tepat.

Muhammad Telah Mengawini 21 Istri :
1. Khadijah bt.Khuwaylid (Ketika menikah, Khadijah berusia 40 thn, sementara Muhammad 24 thn)
2. Sawdah bt. Jamah (Muhammad berusia diatas 50 thn)
3. Aisha bt. Abu Bakr (disunting pada usia 6 thn sementara Muhamad berusia 50 thn, Muhammad menidurinya ketika Aisya berusia 9 thn & Muhammad 53 thn))
4. Hafsah bt. Umar (Muhammad berusia 55 thn. Hafsah mendapati Muhammad dgn budaknya, Mariyah, di ranjang Hafsah dan Hafsah jadi histeris.
5. Umm Salamah
6. Zaynab bt Jahsh (sepupu Muhammad & bekas istri anak angkatnya, Zaid. Muhammad berusia 57 thn, Zaynab tidak jelas)
7. Juwayriyyah/Juwairiyah (tawanan perang) - Muhammad berusia 58 thn sementara Juwayriyyah 20 thn. Ada yg mengatakan 18-19thn.
8. Umm Habibah bt. Abu Sufyan (Muhammad berusia 59 thn & Habibah 23 thn lebih muda, dan pada tahun yg sama menikahi Safiyyah & Maymunah
9. Safiyyah bt. Huyayy (tawanan perang, 17 thn)
10. Maymunah bt. Al-Harith (Maymunah 30 thn ketika dinikahi Muhammad)
11. Sana bt. Asma or Saba bt. Asma. Sana mati sebelum Muhammad sempat menyetubuhinya.
12. Al-Shama bt. Amr al-Ghifariyaah. Muhammad menceraikannya (ditendang dari ranjang) karena meragukan kenabian Muhammad. (Tabari, vol 9, page 136)
13. Ghaziyyah bt. Jabir or Umm Sharik. Dia sebelumnya pernah menikah dan punya anak laki bernama Sharik. Dia cantik tapi tidak mau berhubungan seks dalam pernikahan. Muhammad menganggapnya tua (hal. 139); jadi dia mengembalikan Ghaziyyah kembali kpd kaumnya.
14. Amrah bt. Yazid or Umm Sharik. Dikatakan dia memberikan dirinya sendiri pada Muhammad (33:50). Perkawinan tidak diikuti dengan persetubuhan.
15. Asma bt. Al-Numan. Dia menderita penyakit kusta, sehingga Muhammad menceraikannya dan memberinya uang ganti rugi.
16. Zaynab bt. Khuzaymah — juga dikenal sebagai Umm al-Masakin (ibu bagi yang miskin)
17. Al-Aliyaah bt. Zabyan. Dikisahkan bahwa dia mengintip melalui pintunya untuk melihat orang-orang di mesjid. Maka Muhammad menceraikannya setelah membayarnya uang ganti rugi
18. Qutaylah bt. Qays — tapi Muhammad keburu mati sebelum berhasil menyetubuhinya. Qutaylah dan saudara lakinya lalu murtad dari Islam.
19. Fatimah bt. Shurayh (Sara)
20. Kawlah bt. Hudhayl
21. Layla bt. Al-Khatim. Dia menawarkan dirinya pada Muhammad dan Muhammad mengambilnya sebagai istri. Ketika orang banyak mencelanya karena kawin dengan Muhammad, dia lalu minta cerai dan dikabulkan Muhammad. Orang2 pada umumnya mengatakan bahwa Muhammad itu mata keranjang (Tabari, vol.ix, hal.139).

Daftar para wanita yang dilamar Muhammad tapi tidak dikawini:
1. Umm Hani bt. Abi Talid — dia punya anak kecil
2. Dubbah bt. Amir — terlalu tua
3. Safiyyah bt. Bashshamah
4. Umm Habiba bt al-Abbas — yatim piatu
5. Jamrah bt. Al-Harith — menderita kusta
6. Khawlah bt. Hakim (tantenya Muhammad)
7. Amamah bt. Hamzah

Gundik-gundik Muhammad :
1. Mariyah bt. Shamun (Maria)
Astaga !! Muhammad menghamili Mariyah (budak Hafsah) tanpa menikahinya! Akan tetapi tidak lama ia mengalami kesedihan itu, dengan melalui Maria orang Koptik, Allah telah memberi karunia seorang anak laki-laki yang diberi nama Ibrahim, nama yang diambil dari Ibrahim leluhur para nabi, para hanif yang patuh kepada Tuhan. Sejak Maria diberikan oleh Muqauqis kepada Nabi sampai pada waktu itu masih berstatus hamba (budak) sahaja. Oleh karena itu tempatnya tidak disamping mesjid seperti isteri-isteri Nabi Umm'l-Mukminin yang lain. Oleh Muhammad ia ditempatkan di 'Alia, di bagian luar kota Medinah, di tempat yang sekarang diberi nama Masyraba Umm Ibrahim, dalam sebuah rumah di tengah-tengah kebun anggur.
Muhammad menghamili alias berzinah dgn Maria tanpa menikahinya, dan status Maria pada saat hidup bersama Muhammad adalah budak.
Maria bukan istri Muhammad, melainkan hanya seorang gundik.
2. Rayhanah bt. Zayd al-Quraziyaah (tawanan perang)

Pernikahan tanpa hubungan seksual :
1. Mulaykah bt. Kab al-Laythi — Ia meninggalkan Muhammad.
Muhammad lalu menikahi Mulaykah bt Dawud al-Laythiyaah. Sebelum mengawini Mulaykah, [[Muhammad membunuh ayahnya]], di hari dia menaklukkan Mekah. Ini diceritakan padanya oleh istri2 Muhammad.
Salah satu istri Muhammad datang kepada Mulaykah dan berkata padanya, “Apakah kau tidak malu menikahi pria yang membunuh ayahmu?” Karena itu Mulaykah yang muda dan cantik meninggalkan
Muhammad.
2. Bint Jundub.

Cari artikel Blog Ini

copy right