Jumat, 18 Oktober 2013

daftar ayat tentang "Isa Al-Masih dalam Qur’an dan Hadits" ayo kita belajar bersama

yesus-muslim
Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mujizat) dari Tuhanmu, yaitu Aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung, kemudian Aku meniupnya, maka ia menjadi
seekor burung dengan seijin Allah, dan Aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak, dan Aku menghidupkan orang dengan seijin Allah, dan Aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu”. (Surat Ali Imran 3:49)
Tentu hati kita bertanya – tanya, siapakah sebenarnya Isa Almasih itu sehingga Ia dapat melakukan Mujizat – Mujizat yang sangat luar biasa besarnya?
Sebelum kita mengetahui tentang siapakah Isa Almasih itu sesungguhnya dan bagaimanakah kedudukan-Nya di dalam Al Qur’an dan Hadits, mari kita menelusuri terlebih dahulu, apakah yang dimaksud dengan Al Qur’an dan Hadits ini.
1. Al Qur’an: berasal dari kata qaraa, artinya bacaan. Kemudian kata Qur’an dipakai untuk Al Qur’an yang kita kenal sekarang ini. Adapun Definisi Al Qur’an adalah: Kalam Allah swt yang merupakan mu’jizat yang diwahyukan kepada Muhammad saw. Al Qur’an yang diakui sebagai kitab suci oleh umat Islam, terdiri atas 114 Surat atau dibagi menjadi 30 bagian yang disebut Juz. Jumlah seluruh ayat – ayat Al Qur’an sebanyak 6.666 buah.
2. Hadits: artinya “Kebiasaan” atau tradisi, mempunyai nilai yang tinggi sesudah Al Qur’an. Walau yang pertama dihargai lebih tinggi, namun seluruh Pemerintahan Islam sebagian besar di dasarkan pada Hadits. Untuk memahami maksud ayat-ayat Al Qur’an ini dengan lebih jelas dan terperinci, maka harus berpedoman pada hadits-hadits yang keluar dari ucapan Muhammad saw.
Mari kita lihat, apa yang ada dalam Al Qur’an dan Hadits tentang Isa Almasih/Yesus Kristus.
I. Kelahirannya

Mari kita memperhatikan bagaimana proses kelahiran sang “bayi ajaib” ini dengan kutipan beberapa ayat Al Qur’an dan Hadits, antara lain:
a.  Surat 3 Ali Imran ayat 42 – Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas wanita di dunia.”
b. Surat 19 Maryam ayat 19 – Ia (Jibril) berkata: Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang laki – laki yang suci.
c. Hadits Shahih Bukhari jilid III hal 208 ayat 1493 – Semua anak Adam yang lahir sudah disentuh Setan, kecuali Isa putra Maryam.
d. Surat 3 Ali Imran ayat 45 – (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan Kalimat (yang datang) daripadaNya, namaNya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang – orang yang di dekatkan (kepada Allah)
e. Surat 4 An Nissa ayat 171 – Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) KalimatNya, yang disampaikanNya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) Roh dari padaNya.

Dari ke-5 ayat yang dikutip di atas, ada beberapa pertanyaan yang patut disimak lebih dalam sebelum anda menjawabnya :
1. Adakah di dunia ini seorang bayi dilahirkan dari rahim seorang wanita suci (perawan) tanpa melalui hubungan jasmani?
2. Siapakah bayi ajaib tersebut, sehingga Allah mengutus malaikatNya (Jibril) untuk menyampaikan berita tentang kelahiranNya yang sangat kontroversial?
3. Siapakah Isa Almasih itu sebenarnya, sehingga sebagai “orang yang suci”(tidak berdosa) bahkan sebagai satu – satunya bayi yang lahir ke dunia tanpa disentuh oleh setan?
4. Mengapa hanya Isa Almasih yang dilahirkan dari Kalimat Allah dan Roh Allah?
5. Isa putra Maryam terkemuka di Dunia dan Akhirat. “…Isabnu Maryama wajihan fid dun-yaa wal aakhirat..”

II. Kuasa dan MujizatNya


Sendainya ada orang yang bertanya kepada kita:
  • Siapakah orang yang mampu menciptakan benda mati menjadi benda hidup?
  • Siapakah orang yang mempunyai kuasa untuk membangkitkan orang yang sudah mati?
  • Siapakah orang yang mampu menyembuhkan secara sempurna segala macam penyakit?
  • Siapakah orang yang mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi?
  • Kita pasti akan menjawab hanya “ALLAH” saja yang mampu melakukan-Nya
Kalau kita membaca apa yang ditulis oleh Surat 3 Ali Imran: 49
Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israel (yang berkata kepada mereka):
“Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mujizat) dari Tuhanmu, yaitu Aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung, kemudian Aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seijin Allah, dan Aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak, dan Aku menghidupkan orang dengan seijin Allah, dan Aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu”.

Tentu hati kita bertanya – tanya, siapakah sebenarnya Isa Almasih itu sehingga Ia dapat melakukan Mujizat – Mujizat yang sangat luar biasa besarnya?

III. Kematian dan Kebangkitan-Nya

Perhatikan apa yang dikatakan oleh ke – 2 ayat di bawah ini:
Surat Maryam 19:33
“Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaKu, pada hari Aku diLAHIRKAN, dan pada hari aku MENINGGAL dan pada hari Aku di BANGKITKAN hidup kembali”

Surat Ali Imran 3: 55
“(ingatlah), ketika Allah berfirman : Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan MENGANGKAT Kamu kepadaKu serta membersihkan kamu dari orang – orang yang kafir, dan menjadikan orang – orang yang mengikut kamu di atas orang – orang yang kafir hingga hari Kiamat”
Jika kita memperhatikan ke – 2 ayat Al Qur’an di atas, menurut anda… apakah Isa Almasih itu mengalami kematian atau tidak? Bandingkan dengan Yohanes 10 ayat 17 – 18
10:17 “Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali.”
10:18 “Tidak seorang pun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku.”

IV. KedatanganNya

Tidak ada Imam Mahdi selain “Isa putra Maryam”
“…Laa mahdiya illa Isabnu Maryama…” (Hadits Ibnu Majah – Al Asya’ah 191)
Mengapa hanya Isa sebagai satu – satunya pribadi yang mempunyai kedudukan sebagai Imam Mahdi atau Imam Agung itu? Apakah tidak ada orang lain? Bukankah ada beberapa pemimpin umat beragama yang mempunyai banyak pengikutnya? Kenapa hanya Isa putra Maryam yang disebutkan dalam Hadits ini?
Sekarang kita lihat apa yang dikatakan oleh Hadits Shahih Muslim no.127
Demi Allah yang jiwaku ditanganNya, sesungguhnya telah dekat masanya,”Isa putra Maryam akan turun ditengah – tengah kamu. Dia akan menjadi Hakim yang Adil”.
Isa putra Maryam mempunyai gelar hakim yang adil, menurut Al Qur’an, salah satu gelar “Al Fattaah” (Hakim yang agung). (Al Qur’an Departemen agama 1989.hal 89)
Surat 95 At Tiin ayat 8
Bukankah Allah Hakim yang se-adil-adilnya?
Kesimpulan
Umat Islam yang benar percaya salah satu rukun Iman yaitu adanya hari penghakiman (hari kiamat) dan mereka memohon dengan tiada henti – hentinya kepada Tuhan agar ditunjukkan jalan yang lurus.
Surat 1 Al Faatihah ayat 6
“…Ihdinash shiraathal mustaqiim…” (Tunjukilah kami Jalan yang Lurus)
Bandingkan dengan Yohanes 14:6 dimana Yesus berkata: “Akulah Jalan Kebenaran…”
Surat 57 Al Hadiid ayat 3
Huwal awwalu wal aakhiru wazh zhaahiru walbaaithinu wa bi kulli syaiin aliim
“Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zhahir dan Yang Bhatin dan Dia Yang Maha Mengetahui Segala Sesuatu”
Dalam Qur’an sangat banyak ayat – ayat yang menyoroti pribadi Isa Almasih. Pengakuan -pengakuan yang diberikan Al Qur’an terhadap Isa Almasih sangat tepat dijadikan alat untuk mendekati bangsa Kedar dan Nebayot.

Ayat – ayat yang berbicara mengenai Pribadi Isa almasih:
1. Ada 3 Surah yaitu : Qur’an 3 Ali Imran, Qur’an 5 Al Maaidah dan Surah 19 Maryam
2. Ada sekitar 15 surah dalam Qur’an yang menyebutkan Isa Almasih
3. Ada 93 ayat Qur’an yang menyebutkan tentang Isa Almasih
Ayat – ayat yang menyebutkan nama Isa Almasih:
1. Surah 2 Al Baqarah 8, 136, 253
2. Surah 3 Ali Imran 45, 52, 55, 59
3. Surah 4 An Nissa 157, 163, 171, 172
4. Surah Al Maaidah 17, 46, 72, 75, 78, 110, 112, 114, 116
5. Surah 6 Al An’am 85
6. Surah 9 Al Anfaal 30, 31, 34
7. Surah 19 Maryam 34
8. Surah 21 Al Anbiyaa 91
9. Surah 23 Al Mu’minuum 50
10. Surah 33 Al Ahzab 7
11. Surah 42 Asy Syuura 13
12. Surah 43 Az Zukhruf 57, 61, 63
13. Surah 57 Al Hadiid 27
14. Surah 61 Ash Shaff 6, 14


SUMBER :   BACA BACA QURAN

by order post:
@[Danil wayan arta]
 
&
 
stay on fb: "KESAKSIAN MUSLIM MURTAD" 

Cari artikel Blog Ini

copy right