Rabu, 15 Agustus 2012

Sekilas Dunia Roh

(by: Budiyanto)

Di planet bumi ini ada dua dunia yang berbeda yang saling
mempengaruhi, yakni dunia rohani dan dunia jasmani.Dunia jasmani adalah dunia yang kasad mata, yang dapat dirasakan dan diraba,yang memiliki keterbatasan ruang dan waktu.Sebaliknya dunia rohani (alam roh), melebihi kenyataan dunia ini karena sifatnya kekal dan tidak pernah tergantung pada ruang dan waktu,serta kita tidak dapat merabanya dengan panca indera. Alkitab mengakui bahwa dunia rohani sangat memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan sehari-hari secara fisik.Dalam dunia roh terkadang terjadi peperangan,diskusi atau percakapan dan dakwaan yang berakibat dalam kehidupan jasmaniah manusia.Alkitab mencatat perbincangan antara Allah dan setan,dimana setan menuduh Allah"kkn”dengan Ayub (Ayub 1:6-12).
Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap Tuhan dan diantara mereka datanglah juga iblis:Maka bertanyalah Tuhan kepada iblis:"Dari mana engkau?” Lalu jawab iblis kepada Tuhan:"Dari perjalanan mengelilingi dan menjelajah bumi."Lalu bertanyalah Tuhan kepada iblis:"Apakah engkau memperhatikan hambaKu Ayub? Sebab tiada seorangpun dibumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan."Lalu jawab iblis kepada Tuhan:"Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah? Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kau berkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah dinegri itu.Tetapi ulurkanlah tanganMu dan jamahlah segala yang dipunyainya, ia pasti mengutuki engkau dihadapanMu. " Maka firman Tuhan kepada iblis:"Nah, segala yang dipunyaimya ada dalam kuasamu;hanya janganlah engkau mengulurkan tanganmu terhadap dirinya."Kemudian pergilah iblis dari hadapan Tuhan.

Dari bacaan diatas,dapat kita mengerti bahwa alam roh adalah tempat tinggal Allah pencipta langit dan bumi,orang percaya menamakannya Sorga, yang alamatnya adalah jalan Sorga kekal,Kelurahan Sukacita,nomor kelimpahan, RT keberkatan,RW kesuksesan, kode posnya Yohanes 3:16. Sedangkan iblis mahluk yang bergentayangan itu, beralamat dineraka yang kekal,nomor penderitaan, RT malapetaka, RW kecelakaan,Keluraha n penyakitan, kode posnya Wahyu 20:10.Dalam bacaan tersebut iblis bisa mampir ketetangganya, Sorga,dan melakukan perbincangan dengan Allah yang dilakukan dialam roh.Ternyata perbincangan tersebut akan mempengaruhi kondisi ekonomi,kesehatan, tingkat sosial dan perasaan Ayub.

Nampak seolah-olah perbincangan dalam dunia roh tersebut merupakan rencana yang kejam dan tidak mempunyai perasaan.Sesudah perbincangan tersebut keadaan Ayub “droop shoot",hancur berantakan. Semua keadaan neraka turun menjadi milik Ayub, yakni malapetaka,penyakit an, penderitaan dan terbuang.Allah tidak pernah membiarkan iblis menjamah anak-anak Tuhan tanpa seizin Dia. Kalaupun itu terjadi Allah pasti punya alasan, dan Dia akan memberikan kekuatan yang kemudian menjadikan anak Tuhan tampil sebagai pemenang.

Contoh kedua ada didalam 2 Samuel28:1-25,disaat raja Saul meminta pertolongan medium (pemanggil arwah) dan peramal untuk memanggil roh Samuel.Terlepas dari kontroversi apakah sungguh-sungguh roh Samuel yang datang tetapi kenyataan dilapangan membuktikan bahwa dunia spiritual itu memang mempengaruhi kehidupan jasmaniah kita. Dalam kitab Yudas terdapat rekaman perdebatan antara malaikat Mikhael dan iblis"….tetapi penghulu malaikat,Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan iblis mengenai mayat Musa,tidak berani menghakimi iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata:"Kiranya Tuhan menghardik engkau!" (Yudas 1:9).Dalam kisah Rasul 16:13-18 kuasa kegelapan dapat mengubah ekonomi susah menjadi konglomerat (ay 16),dan kuasa itu mengganggu Paulus sehingga harus dihardiknya. Hal itu dilakukan beberapa hari lamanya,tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu:"Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini."seketika itu juga keluarlah roh itu (ay 18). Iblis dapat menyobek-nyobek baju dari 7 anak imam Skewa yang mencoba mengusir dan menyumpahi setan sehingga mereka lari dengan telanjang!

Dalam pelayananNya, Yesus seringkali menjumpai orang yang kerasukan setan. Kisah di Gadara terdapat dua orang yang kerasukan setan(Matius 8:28-34).Iblis sanggup memasuki tubuh seseorang bersama-sama sahabat-sahabatnya yang jumlahnya ribuan orang. Dalam kisah orang kemasukan setan di Gadara tersebut,Yesus mengijinkan iblis transfer ke babi-babi,Yesus mengabulkan permintaan mereka,tapi bukan berarti Tuhan kompromi dengan iblis.Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu.Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun bebas dari tepi jurang kedalam danau dan mati lemas didalamnya(Markus 5:13). Jadi kuasa yang berada di alam roh dapat intervensi kedalam kehidupan setiap orang,untuk itu berdoalah supaya kuasa kegelapan tidak berintervensi kedalam kehidupan kita.

Cari artikel Blog Ini

copy right